SALAM HANGAT »TheKiFOT« “Kesuksesan ataupun kegagalan masa depan Anda tergantung dari keputusan Anda saat ini, Di mana ada kemauan dan keberanian untuk memutuskan, di situlah kesuksesan menanti Anda. Tapi yakinlah bahwa tidak ada kata terlambat untuk memulainya”.

Fisika (Lup, Mikroskop dan Teropong)


Lup (Kaca Pembesar)


Lup atau biasa disebut kaca pembesar adalah alat untuk mengamati benda-benda yang kecil. Menggunakan lensa cembung, bayangan yang dihasilkan oleh kaca pembesar harus bersifat maya, tegak dan diperbesar. Sehingga benda harus ditempatkan di ruang 1 ( antara O sampai F ).


Pada mata tak berakomodasi, pengamatan tak berakomodasi berkas sinar biasnya merupakan berkas sinar bias yang sejajar.

Mikroskop


Mikroskop adalah suatu alat untuk mengamati benda-benda yang amat sangat terlalu kecil. Mikroskop menggunakan 2 lensa cembung ( objektif dan okuler ( Fob < Fok ) ).

lensa okuler pada mikroskop bertindak sebagai lup bayangan yang dihasilkan lensa objektif akan menjadi benda bagi lensa okuler, sehingga bayangan yang dihasilkan oleh lensa objektif harus memiliki sifat nyata, terbalik, diperbesar sehingga benda harus ditempatkan di ruang 2 ( antara F dan 2F )

Teropong

Teropong adalah suatu alat untuk melihat benda-beda jauh. Teropong dibedakan menjadi 3 yaitu seperti berikut :
1. Teropong Bintang
teropong bintang terdiri dari 2 lensa cembung, objektif dan okuler ( Fob > Fok ).

2. Teropong Bumi


Teropong bumi sama dengan teropong bintang hanya dilengkapi dengan lensa pembalik. Lensa pembalik berfungsi membalikan bayangan yang dihasilkan oleh lensa objektif ( s'ob )

3. Teropong Panggung

Teropong panggung atau galileo atau medan terdiri dari lensa cembung sebagai objektif dan lensa cekung sebagai okuler. bayangan yang dihasilkan oleh lensa objektif ( s'ob ) berada di belakang dan berimpit lensa okuler.


Artikel Terkait:



SEMOGA BERMANFAAT, SALAM THEKIFOT
TERIMAKASIH SOBAT SUDAH MAU MAMPIR KE BLOG TheKiFOT, Silahkan Jika Ada Artikel Yang Bagus di Blog Ini Saya Izinkan Untuk "Mengcopy,Paste" Dengan Syarat Sertakan Seumbernya Yang Lengkap., Hormat Saya »TheKiFOT« Pemilik Tunggal Blog Ini.Terimakasih.
oncopy="return false;"